Mengubah Nilai Satuan menjadi Puluhan Pada Calc

Leave a Comment
Sebagai seorang guru, (mungkin juga sekaligus Operator / TU) sering kali kita diminta nilai dengan format yang beraneka ragam. Kasus yang paling sering adalah, saat kita punya nilai 7,88 harus diinputkan menjadi 78,8. Tentunya hal tersebut menyita banyak waktu jika kita kerjakan satu per satu. (Bisa bayangkan, andai kata 200 siswa dengan 10 mapel harus kita konversi satu per satu hhehehe ... )

Namun jangan khawatir, saya punya 3 solusi untuk kasus tersebut, tapi hanya 2 yang saya tulis di sini. Kenapa? Karena salah satu solusinya menggunakan Macro (Judul artikelnya tanpa macro sob hhehehe...)

1. Gunakan Tabel Bantu / Kolom Bantu
Yep, cara ini sudah sangat familiar. Tabel bantu / kolom bantu ini berisi rumus / formula untuk mengalikan  . Untuk lebih jelasnya lihat contoh pada gambar berikut:

 Gb.1 Mengubah bilangan dengan bantuan kolom bantu

Dari gambar di atas, cukup jelas bagaimana triknya. Buat sebuah kolom bantu / tabel bantu. Sebagai contoh, data asli ada di B2 sampai B6. Dibuat kolom bantu di D2:D6 dengan rumus di D2 = B2*10. Secara otomatis, nilai yang ada di B2 akan dikalikan 10 dan hasilnya ditampilkan di D2. begitu juga untuk D3 sampai D6. 
Tidak sampai di situ saja lho, setelah itu yang ada di D2:D6 kita Copy lalu "Paste Value" di tabel yang kita kehendaki. Ingat, jangan langsung tekan Ctrl+V atau Klik Paste. Harus "Paste Value" supaya hasil akhirnya tidak menjadi rumus, melainkan menjadi angka.

2. Paste Special
Nah, untuk metode yang satu ini adalah metode favorit saya.Kalau pada metode no 1, kita perlu kolom bantu. Yang jadi kelemahan nanti jika tabel itu cukup banyak / besar, kolom bantunya juga semakin besar pula. Berbeda dengan metode ini. Caranya cukup sederhana, cuma sediakan 1 cell kosong (terserah di mana saja boleh, yang penting tidak sedang terproteksi) lalu ketik 10 dan tekan Enter (Contoh berikut ini saya isikan 10 di F3).


Selanjutnya, Copy Cell tersebut (Cell F3). Jika sudah blok Cell yang hendak dikonversi nilainya, misal di D2:D6, lalu pilih Paste Special, untuk Operation pilih Multiply (Pada contoh gambar di bawah ini saya menggunakan LibreOffice Calc, jadi tampilan paste spesial sedikit berbeda dengan Excel)

 Nah, setelah itu Anda tinggal lihat hasilnya.




0 comments:

Post a Comment